JEMBATAN SAMBUNG RASA SEBAGAI TEROBOSAN KOMUNIKASI

SALAH satu dari kendala yang kami rasakan sejak jadi anggota DPD-RI mewakili daerah Sumbar lebih dari setahun ke mari ini adalah masalah komunikasi. Baik dengan pihak eksekutif maupun legislatif, apa lagi dengan para konstituen yang tersebar di kesemua daerah kabupaten mau-pun kota di Sumbar ini. Belum lagi bahwa sampai saat ini keinginan kami untuk mendapatkan fasilitas dari pemerintah daerah provinsi untuk sebuah kantor penghubung di mana kami dapat melakukan tugas-tugas rutin kami di daerah, belum terpenuhi. Oleh karena itu, kritik apapun yang dialamatkan kepada kami karena kekurangan komunikasi ini secara obyektif bagaimanapun harus kami akui, dan untuk itu kami menyata-kan penyesalan kami.
Dalam rangka memikirkan bagaimana kami bisa mela-kukan hubungan komunikasi dengan para eksekutif, legislatif dan konstituen di daerah, kami teringat akan cara-cara yang biasa dilakukan oleh para senator di Amerika dan di negara-negara maju lainnya, yaitu, antara lain, dengan menerbitkan semacam media komunikasi yang kami kirimkan dari waktu ke waktu ke daerah. Media komunikasi dalam bentuk yang seder-hana seperti yang akan kami mulai dengan nomor pengantar ini, kami beri nama: Jembatan Sambung Rasa, atau disingkat: JSR.
Melalui JSR ini kami akan menyalurkan apapun yang kami rasa perlu dikomunikasikan; apakah itu kegiatan rutin kami di DPD-RI, hal-hal atau masalah-masalah yang kami tangani dalam rangka tugas kami di DPD-RI, pemikiran-pemi-kiran serta reaksi dan saran-saran dari kami yang menyangkut masalah-masalah daerah, dsb.
Karena tentu saja tidak mungkin bagi kami untuk mengirimkannya ke setiap kantor pemerintah dengan jajaran dinasnya yang sekian banyaknya, baik di provinsi, kabupaten dan kota, — karena keterbatasan dana, dan harus ditanggulangi sendiri — untuk sementara kami akan mengirimkannya kepada Gubernur, Bupati, Walikota, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, se Sumbar, dan kepada media pers yang ada. Untuk itu kami akan menempuh dua cara: yang website emailnya sudah kami ketahui, kami kirimkan melalui internet; yang belum kami ketahui kami kirimkan dalam bentuk tercetak melalui mail atau pos. Untuk sementara, sampai komunikasi melalui email sudah berjalan lancar, kami akan juga kirimkan melalui pos. Kami tentu saja akan sangat berterima kasih jika kami juga dibantu dengan memperbanyak dan menyebar-luaskannya kepada siapapun yang patut diberikan.
Khusus kepada media pers di Padang dan Sumbar umumnya, kami sangat sekali mengharapkan agar kami diban-tu dengan juga memuatnya di surat-surat kabar, baik sebagai berita maupun tulisan atau artikel. Hanya dengan bantuan dan kerjasama melalui media pers inilah kami merasa bahwa komunikasi dengan rakyat Sumbar yang merupakan konstituen kami bisa tersalurkan dan terjembatani. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kami yang tak terhingga.
Karena media komunikasi ini kami harapkan akan juga bersifat timbal-balik, mohonlah apapun yang kami muat di JSR mendapat tanggapan, saran, kritik dan tegur-sapanya. Apalagi, adalah termasuk dari tugas kami untuk menyalurkan tang-gapan, saran dan usulan, maupun kritik dan tegur-sapanya itu, untuk kami salurkan melalui jalur-jalur yang ada di DPD-RI. Dan untuk itupun kami menyampaikan terima kami kasih kami yang tak terhingga.
Perlu kami jelaskan juga bahwa inisiatif untuk mener-bitkan JSR ini baru datang dari kami, artinya saya: Mochtar Naim pribadi, dan atas nama serta tanggung-jawab pribadi selaku anggota DPD-RI. Kami berempat yang mewakili Sumbar di DPD-RI (Irman Gusman, Zairin Kasim, Afdhal, dan saya, Mochtar Naim) masih akan menjajaki kemungkinan untuk juga mengeluarkan media komunikasi yang atas nama kami berempat sebagai wakil Sumbar.
Sementara itu, sebagai sebuah eksperimen dalam rangka memecahkan kendala komunikasi ini, kami sekali lagi meng-harapkan kritik, saran dan tegur-sapa, serta bantuannya.
Akhirnya, kepada Allah jua kita berserah diri.

Jakarta, 31 Januari 2006

Hormat saya,

Mochtar Naim
Anggota No. B-12 dari Sumbar

0 Responses to “JEMBATAN SAMBUNG RASA SEBAGAI TEROBOSAN KOMUNIKASI”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: