JANJI DITEPATI IKRAR DIMULIAKAN

DEMIKIANLAH kata orang-orang tua dahulu: “Janji ditepati, ikrar dimuliakan.” Rata-rata kita yang se- karang telah menjadi anggota DPD-RI, mewakili daerah provinsi masing-masing di lembaga negara yang baru ditumbuhkan itu, mengobral sejumlah janji, … jika saya terpilih nanti, saya akan melakukan ini dan itu untuk daerah ini.
Sekarang waktunya untuk mulai mengemas dan me- ngemasi kembali janji-janji yang telah dilontarkan itu. Ada bagusnya jika janji-janji yang telah dilontarkan secara individual masing-masing itu, sekarang dituliskan kembali dan dihimpun dengan janji-janji dari kawan-kawan se daerah sehingga menjadi janji kolektif se daerah. Pada gilirannya nanti akan terlihat janji-janji yang sifatnya se wilayah, dan akhirnya seluruh daerah di Indonesia ini yang lalu merupakan janji dari seluruh anggota DPD-RI. Setelah diseleksi, pasti akan ditemukan nanti komitmen yang sama dari janji-janji itu yang sifatnya per daerah masing-masing, per wilayah dan per daerah keseluruhannya.
Dan janji-janji itulah yang harus kita pertaruhkan seka-rang ini. Rakyat di daerah akan melihat dan menguji, sampai sejauh mana janji dan komitmen itu ditepati untuk diper-juangkan di forum DPD itu. Nilai dari diri dan pribadi masing-masing kita selaku anggota DPD di mata rakyat di daerah nanti akan berbanding lurus dengan pengaktualisasian dari janji dan komitmen itu.
Sekarang DPD telah memiliki Peraturan Tata Tertib yang mengatur tentang hak dan kewajiban serta fungsi, tugas dan wewenang dari DPD tersebut, dalam format yang sudah terjabarkan. Tinggal kita menyesuaikan diri dan komitmen kita dengan format itu.
Dengan dibekali oleh Keputusan DPD No. 4/DPD/ 2004 yang mengatur tentang Peraturan Tata Tertib DPD ter-sebut, sebentar lagi para anggota DPD akan turun dan kembali ke daerah masing-masing, dalam rangka sosialisasi dan menampung aspirasi dari daerah. Melalui itulah Program Lima Tahun ke depan dari DPD yang sifatnya multi-level itu akan kita susun dan jabarkan.
Ia adalah sebuah pegangan dalam kita berbuat dan ber-juang bagi kepentingan daerah dari negara kesatuan yang kita cintai ini. ***

0 Responses to “JANJI DITEPATI IKRAR DIMULIAKAN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: